(021) 3850545 |     info@ukmpintar.com | 7e86bb1f

Nicholas Hira

Untitled-3
Foto.Pak Nico

Nicholas Hira

Visionprenuer & Business Mentor

-

-

-

Nicholas Hira sempat jatuh-bangun berbisnis. Setelah lulus dari sebuah universitas di Australia dan kembali ke Jakarta, Nicholas Hira, bergabung dengan bisnis kemasan (packaging) milik Ayahnya. Namun, tiga tahun berikutnya ada masalah di bisnisnya tadi, dan tutup. Di usianya yang baru 24 tahun, beliau mendapat masalah yang cukup berat, Tapi karena permasalahan tersebut beliau menjadi kuat secara mental.

Setelah itu, atas dasar permintaan rekannya, beliau mendapatkan pengalaman mengelola bisnisnya. Dan mampu membangun bisnis itu dari nol menjadi plus. Sejak saat itu beliau berpikir untuk membangun usaha sendiri. Mulai dari mendirikan bisnis taylor, beliau lagi-lagi dihadapi dengan masalah. Namun, Nicholas Hira menjadi dekat dengan Tuhan dan kembali bangkit.

Di situlah beliau diberi visi, yakni mendirikan SeputarUKM. Mengapa UKM yang dipilihnya? Menurutnya, UKM membuat dirinya bisa menyatukan impiannya, membangun bisnis dan membangun Indonesia. SeputarUKM didirikan pada 31 Januari 2012. Menurut dia, SeputarUKM memiliki visi Illahi, untuk menjadi berkat bagi Indonesia. Secara bisnis, visinya untuk memberdayakan UKM di Indonesia menuju global.

UKM menurutnya memiliki potensi besar untuk berkembang di Indonesia. Beliau melihat, UKM Indonesia memiliki jumlah yang sangat besar. Statistik dari pemerintah hampir 60 juta UKM di Indonesia terpencar di 34 provinsi. Bayangkan 60 juta adalah pengusaha dari 250 juta penduduk. Dengan banyaknya pelaku UKM di Indonesia, produk yang diciptakan dan yang dijual juga banyak.

Kedua, alasannya karena Indonesia memiliki banyak penduduk dan produk domestik brutonya kuat dibandingkan negara-negara lain di Asean. Namun, dari peluang yang sangat besar tadi, Nicholas Hira juga melihat ada sejumlah masalah. Menurutnya, tidak ada pihak yang fokus terhadap pemberdayaan pelaku UKM secara nyata. “Mereka dianggap peluang secara statistik, tapi tidak ada solusi bisnis hingga mereka bisa menjadi unggul dan memiliki daya saing yang kuat tidak ada.

Nicholas Hira, CEO & Founder SeputarUKM.com  mengatakan, ada 5 P yang menjadi tujuan utama SeputarUKM, yakni promosi, pelatihan, penjualan, peluang bisnis, dan permodalan. Memberi solusi bisnis dari sisi 5 P tadi merupakan misi terbesar SeputarUKM. Promosi diwujudkan melalui media SeputarUKM.com dan majalah elektronik Arjuna. Media ini dimanfaatkan untuk informasi dan promosi para pelaku UKM. Ke depannya, SeputarUKM akan bersinergi dengan radio dan televisi, seperti  Trijaya FM, BeritaSatu & juga TVRI.

Pelatihan diwujudkan dengan adanya UKMPintar.UKMPintar merupakanenterpreneurship training center. Ke depan, UKMPintar akan mengadakan acara dan pelatihan rutindan akan masuk ke digital secara live streaming, sehingga bisa menjangkau 34 provinsi. Selain itu, SeputarUKM sebagai komunitas entrepreneur dengan brandDinamic Enterpreneur Community, akan menyatukan mitra bisnis dalam jaringan bisnis antara Produsen, Distributor & Reseller.

Harapan Nicholas Hira kepada pemerintah, dapat bersinergi dengan swasta, dan tercipta ekosistem antara akademisi, masyarakat, pemerintah, dan komunitas. Agar pelaku UKM dapat meningkatkan skill dan spirit serta menjadi unggul dalam pasar global Masyarakat Ekonomi Asean.

ARTIKEL
AUDIO
VIDEO
QUOTES
GALLERY
EVENTS
ARTIKEL

AUDIO

VIDEO

QUOTES

GALLERY
EVENTS